Cara Daftar JHT atau Jamsostek Online Tahun 2015

Admin Monday, September 05, 2016

Postingan ini saya buat bagi kamu yang saat ini berstatus karyawan atau sudah keluar pada suatu perusahaan dan telah memiliki kartu Jamsostek. Sebagian orang mungkin banyak yang belum mengetahui fungsi dan manfaat kartu jamsostek yang kita miliki. Apalagi minimnya sosialisasi dari perusahaan itu sendiri kemudian dari diri kita yang hanya sekedar memiliki tanpa mengetahui apa gunanya kartu jamsostek tersebut. Mungkin tahunya hanya bekerja dan yang penting sudah punya kartu jamsostek dan kartu asuransi lainnya.

Saya akan coba berbagi informasi mengenai cara mengecek atau melihat saldo JHT kita. Hal ini kita perlu lakukan sebagai referensi jika nanti kita ingin mencairkan dana pada kartu jamsostek disaat kita sudah tidak berkerja lagi pada perusahaan dimana kita bekerja sekarang. Tentunya mengacu pada hal dan ketentuan lainnya sebagai syarat untuk mencairkan dana JHT kita.

Ok kita lanjut cara daftar kartu jamsostek tahun 2015. Caranya mudah sekali hanya mengisi beberapa data dan Cuma memakan waktu sekitar 1 menit. Silahkan siapkan dulu kartu jamsostek, KTP, untuk alamat lainnya seperti nomor hp, nama Ibu kandung dan Email tinggal diisikan saja yang sesuai. Bagi kamu yang belum mendaftarkan kartu jamsosteknya silahkan buka halaman ini https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja

Setelah itu pilih registrasi. Maka akan tampil gambar seperti di bawah:




Silahkan isi data data yang harus diisikan yang bertanda bintang merah.

Nomor KPJ aktif adalah nomor kartu jamsostek kamu. Bisa dilihat pada bagian depan kartu sebelah kiri paling atas biasanya 11 digit. Kemudian isikan data selanjutnya sampai selesai. Pengisian data harus sesuai dengan KTP dan alamat email yang masih aktif. Setelah semua data terisi lengkap, centang kolom tanda saya setuju dan klik submit data.

Selanjutnya pin verifikasi akan dikirim ke email yang didaftarkan tadi, silahkan buka email dan masukan data nomor pin yang dikirimkan pada email kamu. Selesai.

Berikutnya jika ingin login bisa mengisi userid/Nomor KTP/Email untuk kolom password bisa di isi pin yang telah dikirim pada saat pendaftaran. Jadi jangan dihapus email yang berisi pin tersebut.
Pada saat pendaftaran pertama kali dan setelah proses verifikasi pin selesai maka kamu akan dibawa langsung masuk ke dalam menu dashboard akun jamsostek kamu. Ada beberapa pilihan navigasi dan untuk mengecek saldo JHT kamu silahkan pilih Cek Saldo JHT, setelah itu sudah ada nomor JHT kamu yang dimasukkan pada saat pendaftaran. Kemudian klik tombol submit. Maka akan terlihat rincian saldo JHT kamu seperti pada gambar. Maaf gambarnya diblur untuk privasi saya hehe.



Nah seperti saya sebutkan di awal kita perlu mengecek saldo pada kartu jamsostek kita sebagai bahan referensi pada saat nanti akan mencairkan dana tersebut. Sehingga kita sudah mengetahui berapa perkiraan dana yang akan kita cairkan. Selain menu untuk mengecek saldo JHT kita, keuntungan lain kita juga bisa mengajukan klaim secara online tanpa perlu datang ke kantor Jamsostek dan mengantri yang memakan waktu lama dan membosankan. Postingan berikutnya saya kan coba berbagi cara mengajukan klaim secara online.

Sekian dulu kali ini waktu dah mau magrib, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Terima kasih telah membaca artikel blog ini, Silahkan berkomentar yang sopan. Dilarang SPAM